Politik

Panwaslu Turun ke Kecamatan

Topan Merangin | Senin, 27 Mei 2013 - 12:33:11 WIB | dibaca: 214 pembaca

IKHWAN FIRDAUS

BANGKO-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Merangin, sejak 24 hingga 29 Mei mendatang, melakukan pninjauan langsung ke setiap kecamatan yang ada dikabupaten Merangin, hal ini dilakukan guna mengawasi secara langsung kinerja Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sebagai perpanjangan tangan Panwaslu dalam mengawasi tahapan – tahapan pemilu legislatif yang saat ini sudah mulai bergulir.
Seperti diketahui, salah satu tahapan yang saat ini tengah dilakukan pihak penyelenggara pemilu, diantaranya adalah pendataan pemilih yang telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Oleh karena Panitia Pengawas Lapangan (PPL) pemilu ini belum dibentuk, maka pengawasan terhadap pendataan pemilih ini ditangani langsung oleh panwascam.
Hal ini disampaikan langsung anggota Panwaslu Merangin, Ikhwan Firdaus kepada Harian ini saat ditemui dikantornya. Untuk memastikan panwascam benar – benar melakukan pengwasan sesuai dengan tugasnya, maka pihaknya dari panwaslu Kabupaten secara bergiliran akan mengunjungi tiap kecamatan hingga 29 Mei nanti.
‘’Kita dari kabupaten akan mengunjungi secara bergantian tiap kecamatan, untuk meninjau kinerja rekan – rekan panwascam dalam pengawasan tahapan pendataan pemilih ini,” ujar Ikhwan.
‘’Sebenarnya pendataan pemilih ini lebih pasnya di awasi oleh PPL, namun karena PPL kit abelum terbentuk, maka pengawasan itu dilakukan langsung oleh panwascam,” sambungnya.
Dalam supervisi ini lanjut Ikhwan, Panwaslu juga akan memberikan pelatihan khusus terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Panwascam, dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan pileg diwilayahnya masing – masing. Hal ini menurutnya akan di kupas habis mengenai sistem pengawasan yang akan dilakukan dalam setiap tahapan, mulai dari tahapan awal sebelumnya hingga nanti pelaksanaan pencoblosan.
‘’Jadi dalam kunjungan kita nanti, kita tidak hanya meninjau, kita akan memberikan pengetahuan lebih ke setiap Panwascam, terkait tugas pengawasannya di wilayahnya masing – masing,” tegas Ikwan.
Khusus untuk pengawasan pelaksanaan pendataan pemilih yang sedang dilakukan oleh pantarlih yang merupakan perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merangin, panwascam dalam hal ini ditekankan untuk benar – benar menjalankan tugas dan fungsi pengawasannya untuk memastikan dalam pelaksanaan pendataan tersebut apakah benar warga didata dengan sebenarnya atau belum.
‘’Saat ini yang kita tekankan kepada panwascam yaitu untuk mengawasi ketat pelaksanaan pendataan pemilih, apakah pentalih sudah benar – benar mendata ke setiap rumah warga atau belum. Nanti kita akan ambil sample dari beberapa warga yang berpotensi tidak didata, misalnya yang rumahnya cukup jauh dari pemikuman, selain itu yang lainnya juga akan kita ambil beberapa sebagai sampel,” pungkas Ikhwan.(men)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)